ASAL USUL KOTA PALEMBANG DAN FAKTA MENARIK YANG MENJADIKANNYA ISTIMEWA

ASAL USUL KOTA PALEMBANG

Siapa yang tidak kenal dengan Palembang, menjadi kota yang diidentikan dengan oleh – olehnya yaitu pempek ini memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui. Sebetulnya populernya dari nama Palembang ini berasal dari kronik Cina Chu – fan – chi, yang merupakan karya dari seorang Con – ju – han tahun 1255 memanggilnya dengan sebutan Pa – lin – fong. Lalu terdapat kronik lagi yang menuliskannya dengan tulisan Wang Tu – huan dengan judul Toa – I Chi lio pada tahun 1349 sampai dengan 1350 memanggilnya dengan Po – lin – fong untuk Palembang. Tetapi tidak berhenti disitu, para penduduknya berpendapat bahwa nama Palembang sendiri itu diambil dari bahasa Jawa ‘Limbang’ dengan arti membersihkan logam.

Lalu untuk kata ‘Pa’ ini berasal dari bahasa Jawa yang digunakan untuk menyebutkan sebuah tempat. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa nama Lembangitu diambil dari tempat mencuci emas serta biji timas yang berada di kawasan Muara Ogan, Kertapati. Sebab kebanyakan dari penduduknya tersebut bekerja sebagai ‘melimbang’ lalu hadirlah nama Palembang tersebut. Untuk mengetahui kota Palembang lagi lebih dalam, jangan sampai ketinggalan untuk meyimak fakta – fakta yang dimiliki oleh tempat berlangsungnya ASEAN Games 2018 ini. Berikut adalah fakta – fakta menarik yang dimiliki Palembang, simak ulasannya berikut ini.

1.Palembang Merupakan Kota Tertua di Indonesia

Palembang Merupakan Kota Tertua di Indonesia

Mungkin sebagian orang baru mengetahui bawa Palembang ini merupakan kota tertua yang ada di Indonesia. Dengan ibu kota Sumatera Selatannya ini, terdapat prasasti Kedukan Bukit yang terdapat di kawasan Bukit Siguntang. Kota yang indah ini mempunyai penduduk yang di dalamya mayorita menganut agama islam. Yang dimana Palembang ini diketahui sudah menjadi kota pada tanggal 16 Juni 688 Masehi. Tidak terbayang bukan pada tahun segitu Palembang sudah menjadi sebuah kota.

Sehingga tidak dapat diragukan lagi bahwa ternyata Palembang ini menjadi kota tertua yang berada di Indonesia. Meskipun memiliki umur yang sangat tua dibandingkan dengan kota – kota lain yang berada di tanah air ini, Palembang dapat bertahan dengan baik dan malah kota ini terus berkembang dan memberikan perubahan kepada kota dan pendudukanya sendiri.

2.Ratunya Kain

Ratunya Kain

Dari setiap kota itu mempunyai keunggulannya masing – masing, dengan ciri khas yang ditonjolkanya tersebut membuat Indonesia kaya dengan yang namanya budaya. Dimana mereka dapat menarik perhatian dari para wisatawan untuk mengetahui keberagaman yang dimiliki oleh setiap kota ini menjadikan Indonesia beragam. Salah satunya adalah kain – kain khas yang dimiliki oleh Palembang ini, dimana kain songket menjadi kain tradisional dan masih terus dilestarikan serta dikembangkan sampai sekarang ini.

Keindahan yan dimiliki kain songket sendiri sudah tidak diragukan lagi, karena keindahannya sudah terpancar ke luar negeri. Aslinya kain songket ini merupakan warisan dari kerajaan Sriwijaya, membuatnya kain ini memiliki panggilan sebagai ratunya kain. Awalnya kain songket digunakan untuk adat kerajaan.

3.Memiliki Jembatan Ampera yang Dapat Terbelah Dua

Memiliki Jembatan Ampera yang Dapat Terbelah Dua

Selain diidentikan dengan makanan khasnya yaitu pempek, Palembang juga memiliki keidentikan yang lainnya yaitu Jembatan Ampera. Dimana jembatan ini dapat membelah menjadi dua bagian, yang mana menjadi satu – satunya jembatang di Indonesia yang dapat melakukan hal tersebut. Untuk dibelah menjadi dua atau diangkat kembali itu memang sudah sangat jarang dilakukan, hanya saja jembatan ini masih aktif dilalui oleh kendaraan.

Pembuatan dari jembatan yang dapat dibagi dua ini, diperuntukan agar kapal yang melewat itu tidak tersangkut dengan jembatan. Tetapi pada tahun 1970, jembatang ini suda jarang diangkat dengan alasan menganggu keadaan lalu lintas yang berada di atasnya.

Itulah asal usul Palembang dan beberapa fakta menarik yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *