BUDAYA INDONESIA YANG UNIK DAN MENARIK UNTUK DIKETAHUI

BUDAYA INDONESIA

Kita yang sudah lama menjadi bagian dari bangsa Indonesia ini pasti belum mengetahui secara keseluruhan budaya – budaya yang dimiliki oleh negara kita sendiri. Mungkin kita hanya mengetahui segelintir saja budaya – budaya Indonesia yang memang berada di lingkungan kita saja. Untuk selebihnya yang berada di seberang pulau dan seberang gunung mungkin kita tidak mengetahui budaya apa yang mereka miliki dan mereka lestarikan sampai sekarang. Karena itu saking banyaknya sekali budaya yang Indonesia miliki ini, terlalu kayanya Indonesia dengan adat istiadat yang dimilikinya. Membuatnya kita belum dapat mengetahui secara keseluruhan dari budaya yang Indonesia miliki.

Padahal budaya Indonesia itu memiliki keberagaman dan keunikan yang akan membuat kita takjub bahkan sampai geleng – geleng kepala dengan kebiasaan yang mereka lakukan. Budaya yang mereka lestarikan sampai sekarang ini, dipengaruhi juga dengan kepercayaan yang mereka anut. Karena Indonesia ini mempunyai keberagaman dalam hal kepercayaan sehingga budaya yang dihasilkannya pun beragam. Kita sebagai bangsa Indonesia patut berbangga diri dengan apa yang dimiliki oleh Indonesia di dalamnya. Hal inilah yang menjadikan kita memiliki sesuatu yang sangat menarik untuk diketahui, tidak hanya oleh masyarakatnya sendiri tetapi juga oleh para wisatawan yang datang berlibur ke Indonesia. Untuk kamu yang penasaran dengan budaya Indonesia yang unik dan menarik untuk diketahui, jangan sampai kelewatan untuk menyimak ulasannya berikut ini.

1.Ritual Tiwah (Kalimantan Tengah)

Kebanyakan dari kamu pasti baru mendengar budaya yang terjadi di Kalimantan Tengah ini. Memang budaya yang dimilikinya satu ini sangatlah unik dan membuat orang awam yang mendengarnya akan geleng – geleng kepala dengan ritual yang turun temurun mereka lakukan tersebut. Tujuan dari diadakannya ritual Tiwah ini yaitu untuk mengantarkan orang yang sudah meninggal lebih tepatnya adalah arwahnya ke tempat asal atau Lewu Tatau bersama dewa tertinggi (Ranying) berdasarkan kepercayaan Kaharingan.

Ritual yang sudah dilestarikan sampai dengan sekaran ini , dilakukan dengan membuat bangunan yang dibentuk serupa dengan rumah. Rumah tersebut diberi nama dengan Balai Pangun Jandau yang hanya memakan waktu satu hari saja. Terdapat syarat yang harus dipenuhi yaitu membutuh seekor babi oleh Bakas Tiwah. Ritual ini juga dilakukan untuk menjauhkan kesialan untuk keluarga yang ditinggalkan.

2.Tradisi Potong Jari (Papua)

Mendengarnya saja sudah ngeri dan seram sendiri, memotong jari merupakan hal yang benar – benar ekstrim untuk dilakukan. Tetapi ini lain cerita bila berada di tanah Papua, dimana tradisi yang mereka lakukan ini sudah terjadi sejak lama dan dijadikan sebagia kebudayaan yang dilestarikan sampai dengan sekarang. Tradisi potong jari yang ekstrem ini dilakukan oleh suku Dani. Dimana mereka akan melaksanakan tradisi ini bila terdapat anggota keluarga mereka yang meninggal.

Kebersamaan memang sangatlah kental disana, sehingga bila terdapat salah satu anggota keluarga yang meninggal mereka akan memotong ruas jarinya. Tradisi yang ekstrem satu ini diberi nama dengan Iki Palek. Kebanyakan yang melakukan tradisi ini itu perempuan, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa lelaki pun melakukan tradisi ini karena turut bersedih.

3.Gigi Runcing Suku Mentawai (Kalimantan)

Penasaran bukan mengapa gigi runcing dijadikan sebagai sebuah tradisi yang dilakukan oleh para wanita di suku Mentawai ini. Ternyata gigi yang runcing merupakan salah satu dari kriteria kecantikan yang dimiliki oleh suku mereka. Gigi para wanita ini dikerik sehingga bentuk dari gigi mereka menjadi runcing dan ini menjadi simbol kecantikan yang dipancarkan oleh para wanita yang berada di suku Mentawai.

Kepercayaan mereka mengatakan bila wanita yang meruncingkan giginya itu mempunyai kebahagiaan dan kedamaian jiwa yang berada di dalamnya. Tidak hanya itu kerik gigi juga menjadi sebuah bentuk dari kedewasaan wanita dan menarik bila dilihat oleh laki – laki yang berada disekitarnya. Dan yang bikin kagetnya ada mengerik gigi yang mereka lakukan tersebut tidak menggunakan obat bius dan menggunakan alat besi / kayu.

Itulah beberapa budaya unik yang dimiliki oleh Indonesia, bagaimana menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *