Mengenal Budaya Indonesia Yang Terkenal Di Mancanegara

Budaya Indonesia memang sudah banyak dikenal diberbagai negara hingga dunia. Namun apakah kamu sudah tahu apa saja yang terkenal di mancanegara ini?? Khusus untuk warga asli Indonesia sudah seharusnya kamu mengetahui keberagaman budaya Indonesia yang sangat unik ini.

Nah, dibawah ini kami akan memberikan beberapa budaya indonesia yang menarik dikunjungi serta diketahui oleh mancanegara, diantaranya ada :

1. Tari Kecak

Bali merupakan kota yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi warga asing, karena di Bali banyak sekali tempat-tempat yang memiliki destinasi sangat indah. Namun selain wisatanya, tarian yang terkenal di Bali yaitu tari kecak, merupakan tarian masal yang memiliki makna tersendiri.

Tari kecak ini biasanya digunakan untuk ritual keagamaan yang dipercayai oleh agama Hindu. Tarian ini juga menceritakan kisah pewayangan yang diperankan sebagai tokoh Rama dan Sinta.

2. Batik

Hampir budaya asli Indonesia yang ingin diakui oleh negara tetangga kini sudah diakui oleh UNESCO yang merupakan warisan budaya asli Indonesia. Kepopuleran batik kini sudah ditetapkan pada tanggal 2 Oktober yang diperingati oleh hari batik nasional.

Mengapa batik bisa menjadi budaya yang terkenal di mancanegara?? Karena banyak karya anak bangsa yang memiliki ciri khasnya tersendiri di masing-masing daerahnya.

3. Angklung

Alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini tentunya sudah dikenal di berbagai Mancanegara lho. Pasalnya, alat musik yang satu ini sangat unik dan menarik saat dimainkan. Dengan alunan yang khas ini, membuat beberapa negara seperti Korea, Malaysia, hingga Jepang menyukainya.

Yang perlu kamu ketahui juga!! Bahwa di negara tersebut ada yang menerapkan pembelajaran alat musik angklung lho.

4. Keris

Keris merupakan senjata tradisional yang tak kalah keren dan menggarangkan dibanding senjata modern lainnya. Pada jaman dahulu kala, bahwa raja-raja yang ada di nusantara menjadikan senjata ini sebagai senjata pusaka. Hingga saat ini keris diyakini mengandung kekuatan yang magis.

Budaya di Indonesia ini sejak abad ke-9 menggunakan gagang keris yang terbuat dari kayu, tulang belulang, serta tanduk binatang. Untuk kerisnya sendiri terbuat dari logam.

5. Tari Pendet

Budaya yang ada di Indonesia selanjutnya yaitu tari pendet yang berasal dari Bali. Pada jaman dahulu tarian ini hanya menjadi penyambutan para dewa saja, namun seiring berkembangnya jaman, tarian ini menjadi ‘ucapan selamat datang’ hingga mengisi berbagai acara lainnya.

6. Gamelan

Gamelan merupakan budaya Indonesia yang terkenal hingga mancanegara, bahkan sampai saat ini anak bangsa Indonesia masih banyak yang minat untuk memainkan alat musik tradisional ini lho.

Ternyata alat musik warisan budaya Indonesia ini dijadikan sebagai pembelajaran tetap dinegara New Zealand, serta dibeberapa negara seperti Amerika, Jepang, Singapura juga mempelajari alat musik yang satu ini lho.

7. Tari Saman

Tarian Saman merupakan ikon dari Provinsi Aceh yang menjadi kebanggaan Indonesia! Karena tarian ini sudah tercatat di UNESCO yang merupakan warisan asli budaya negeri ini. Tari saman yang berasal dari suku gayo sering kali ditampilkan pada pagelaran budaya yang dikunjungi oleh seluruh penjuru dunia.

Tarian saman yang diciptakan oleh Syekh Saman ini memiliki gerakan tepuk tangan dan lebih aktif pada gerakan bagian atas. Jadi buat kamu yang termasuk warga asli Indonesia, harus bangga dengan budayanya sendiri.

Itulah beberapa budaya Indonesia yang wajib kamu lestarikan sebagai warga asli negeri ini. Jangan sampai pengaruh globalisasi membuat warisan budaya Indonesia menjadi punah. Nantikan artikel kami selanjutnya yah guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *