SIMAK FAKTA – FAKTA SEPUTAR BANDUNG LAUTAN API YANG SANGAT BERSEJARAH

Fakta Bandung

Bandung atau biasa disebut dengan kota kembang, dimana di dalamnya terdapat masyarakat yang hidup dengan rukun dan damai. Disisi lain kotanya yang memang sangat asri dan nyaman untuk ditinggali. Memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, selain itu Bandung untuk banyak disenangi oleh para wisatawan yang pergi melancong ke sini. Karena udaranya yang sejuk serta banyaknya kuliner yang dapat dijelajahi, membuat para wisatawan rasanya ingin kembali dan kembali lagi untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Tetapi tahukah kamu bahwa kota Bandung dengan sejuta cerita ini memiliki sejarah yang sangat menarik untuk di simak dan dicari tahu. Dimana para pahlawan yang berjuang mati – matian untuk mengusir para penjajah.

Salah sejarah yang sangat terkenal itu adalah peristiwa Bandung Lautan Api, dimana ketika itu Bandung berubah menjadi seperti lautan api. Karena disitu terjadi pembakaran pada rumah – rumah warga Bandung kurang lebih terdapat 200 ribu warga yang harus pergi dari kota Bandung. Peristiwa yang terjadi saat tahun 1945 ini benar – benar menjadi peristiwa yang tidak pernah terlupakan, pasalnya api yang memakan bangunan ini terjadi sampai dengan memakan waktu tujuh jam. Penasaran dengan fakta apa saja sebetulnya yang dimiliki ketika peristiwa itu terjadi. Simak ulasan berikut ini.

1.Bandoeng Djadi Laotean Api

Bandoeng Djadi Laotean Api

Ternyata sebutan dari peristiwa yang melanda kota Bandung saat itu dikeluarkan oleh wartawan yang memang menjadi saksi dari peristiwa tersebut, dia sedang berada di TKP sehingga dapat mengetahui kondisi sebenarnya yang sedang terjadi disitu. Pembakaran yang dilakukan serentak oleh masyarakt Bandung ini karena mereka yang harus mengosongkan Bandung atas perintah sekutu. Membuat mereka mengambil tindakan untuk membakar hangus seluruh gedung yang ada disitu.

Terjadi ketika sesudah kemerdekaan Indonesia itu dibacakan saat 1945, untuk mempertahankan kemerdekaan tersebut ternyata bukanlah hal yang mudah. Sehingga saat tahun 1946 peristiwa ini pun terjadi, sehingga wartawan yang menyaksika hal tersebut. Ketika bangunan – bangungan mulai menghitam karena debu, menjulukinya denggan Bandoen Mendjadi Laoetan Api. Tetapi karena keterbatasan dari kata penulisan membuatnya harus menguranginya, hingga tercetuslah Bandoeng Laoetan Api

2.Dasar dari Terjadinya Peristiwa ini

Dasar dari Terjadinya Peristiwa ini

Tentunya terjadi peristiwa besar ini terjadi karena ada orang yang menjadi dalang atau menjadi pencetusnya. Orang tersebut adalah A.H. Nasution, beliau merupakan Komandan Divisi III atau yang sekarang ini sudah berganti nama dengan Kodam III Siliwangi. Karena para sekutu yang di dalamnya terdapat tentara Inggris juga NICA Belanda yang memberikan seruan kepada warga Bandung untuk meninggalkan kota Bandung. Karena akan dialih fungsikan sebagai markas untuk melawan kemerdekaan.

A.H. Nasution pun memberikan gagasan untuk meninggalkan kota Bandung dalam keadaan terbakar. Sehingga secara tidak langsugn bangunan – bangunan tersebut tidak dapat digunakan dengan baik oleh sekutu. Lalu beliau memberikan perintah kepada masyarakt untuk pergi dari kota Bandung.

3.Terciptanya Lagu Halo – Halo Bandung

Terciptanya Lagu Halo – Halo Bandung

Lagu kebangsaan yang sudah dipelajari ketika masih di sekolah dasar ini, menjadi saksi dari peristiwa terjadinya Bandung Lautan Api. Lagu ini tercipta ketika peristiwa tersebut sudah terjadi, tapi apakah kamu tahu siapa pencitpa dari lagu kebangsaan Indonesia ini? Dia adalah Ismail Marzuki yang merupakan komponis yang berasal dari Indonesia.

Lagu ini tercipta saat tahun 1946, yang dimana lagu ini dibuat untuk terus mengenang jasa – jasa dari para pahlawan yang sudah dengan semangat memperjuangkan kota Bandung.

Itulah fakta – fakta seputar Bandung Lautan Api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *