FAKTA – FAKTA DAN SEJARAH TENTANG PENCAK SILAT YANG BELUM KAMU KETAHUI

Menjadi kebanggan tersendiri untuk Indonesia, dimana pencak silat masuk ke dalam warisan dunia yang sudah diresmikan oleh UNESCO (UNITED Nations Educational, Scientific and Culture Organization. Pencak silat sendiri merupakan seni bela diri yang di dalamnya itu terdapat nilai seni tradisional dari tanah air kita. Karena ini merupakan sebuah seni bela diri, membuat gerakan – gerakan yang tercipta itu mempunyai keindahan tetapi juga bertenaga dan kuat. Untuk gerakannya itu sama dengan gerakan bela diri pada umunnya, dimana menghindar yang diikuti dengan gerakan. Pencak silat ini sudah terkenal dan populer di beberapa negara, bahkan tidak sedikit yang di negara tersebut melahirkan pesilat – pesilat kuat.

Negara – negara yang mengenal pencak silat, seperti Malaysia, Singapura, Filipina Selatan, Brunei, dan Thailand. Untuk di Indonesia sendiri organisasi pencak silat ini bernama IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Lalu untuk organisasi yang lebih besar lagi, dimana lebih mempunyai cakupan yang luas itu bernama ‘Persilat’ (Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa).  Organisasi ‘Persilat’ tersebut didirikan Indonesia bersama dengan negara lainnya, yaitu Malaysia, Singapura, serta Brunei Darussalam. Bela diri silat sendiri itu membutuhkan konsterasi yang tinggi, karena kekuatannya itu berada pada olah tubuh dan hubungan spiritual yang kuat dengan kebudayaan Indonesia. Berikut fakta – fakta yang dimiliki pencak silat.

1.Makna dari Pencak Silat

Makna dari Pencak Silat

Pencak silat ini diciptakan untuk melindungi diri, membela diri, juga intergritasnya dengan lingkungan atau alam yang berada disekitarnya. Tujuannya dari itu semua adalah untuk meraih kesamaan antara hidup untuk meningkatkan takwa serta iman kepada Tuhan yang Maha Esa. Memang makna yang dimiliki dari pencak silat ini sendiri itu benar – benar dalam, sehingga untuk melakukan setiap gerakan dari pencak silat ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Meskipun pencak silat merupaka olahraga bela diri, tetapi tetap memberikan keindahan pada setiap gerakannya yang kental dengan budaya Indonesia itu sendiri. Awalnya gerakan yang diciptakan tersebut berasal dari menirukan gerakan hewan yang ada di alam sekitar, lalu seiring dengan perkembangannya juga mengambil dari kegiatan suku – suku asli Indonesia.

2.Berasal dari Sumatera Barat dan Jawa Barat

Berasal dari Sumatera Barat dan Jawa Barat

Bela diri pencak silat ini berasal dari Sumatera Barat tepatnya Minagkabau serta Jawa Barat, seiring dengan berjalannya waktu. Membuat bela diri ini terus menyebar dan meluas ke beberapa daerah di penjuru Indonesia. Bila disebut dalam bahasa Mingkabau silat itu disebut dengan silek, katanya silat ini dilahirkan Datuk Suri Diraja yang berasal dari Pariangan, di kaki Gunung Marapipada. Waktu itu saat abad ke 11, silek ini diperkenalkan para perantau Minagkabau dan dikembangkan sampai ke Asia Tenggara.

Selain itu juga ada yang mengatakan bahwa, Abah Khair yang hidup saat pertengahan abad ke 17. Dimana Abah Khair tersebut digadang – gadang sebagai awal dari pencak silat yang katanya tertua di tanah Jawa Barat.

3.Mulai Diperlombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 8 Tahun 1973

Mulai Diperlombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 8 Tahun 1973

Seiring dengan berjalannya waktu penyebaran dan perkembangan yang pesat terjadi pada pencak silat ini, membuat dibuatnya perlombaaan pencak silat. Pada awalnya dibuat ketika perhelatan olahraga dengan tingkat nasional PON ke 8 tahun 1973 yang berlangsung di ibu kota Jakarta. Saat masih awal diselenggarakannya lomba tersebut, peserta yang mengikuti berjumlah 128 orang yang berasal dari 15 daerah.

128 peserta tersebut terdiri dari 22 putri, serta 106 pesilat putra. PON yang berlangsung selama 4 tahun sekali ini, akhirnya kembali diselenggarakan pada tahun 1977. Masih berlangsung di Jakarta, tetapi jumlah peserta yang berpartisipasi bertambah.

Itulah sejarah dan beberapa fakta dari pencak silat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *