Berbagai Jenis Kebaya di Indonesia

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu melestarikan budaya Indonesia, salah satunya adalah dengan paham dengan budaya kita sendiri. Indonesia sendiri memiliki berbagai budaya yang syukurnya hingga saat ini masih sering dijumpai bahkan mulai membaur dengan budaya modern, salah satunya adalah Kebaya.

Kalau dilihat, kebaya memiliki warna yang cantik dengan berbagai jenis model kebaya. Tentunya model-modelnya ini membuat kebaya menjadi memiliki banyak pilihan menarik. Karena itu kali ini kami akan membahas berbagai jenis kebaya di Indonesia yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

Jenis-Jenis Kebaya

1.Kebaya Kartini

Kebaya Kartini

Pertama yang akan kami bahas adalah kebaya Kartini, arena ini merupakan kebaya yang semakin dikenal setelah wafatnya ibu Kartini. Kebaya ini dikenal dengan pada bagian kerahnya yang memiliki tali sampai pada bagian bawahnya, bagian bawah dari depan sampai belakang sama panjangnya.

Ada hiasan seperti mute yang ada di Pakaian ini, mulai dari bagian leher sampai ke tepuk bawah. Sedangkan untuk tepi bagian bawahnya kadang terdapat benang emas dan sejenisnya.

2. Kebaya Indo

Kebaya Indo

Biasanya panjang dari kebaya mencapai pinggang atau pinggul di pertengahan paha, berbeda dengan kebaya Indo. Pakaian khas satu ini memiliki warna putih karena menandakan wanita baik-baik. Pada setiap tepi, dihias dengan renda-renda yang memiliki warna sama dengan pakaiannya.

Biasanya pada bagian renda atau bunga, renda di pakaian biasanya merupakan buatan dari Paris, Antekre, atau Batis. Kenapa namanya kebaya Indo? Karena biasanya dipakai oleh para peranakan Belanda dan Pribumi.

3.Kebaya Encim

Kebaya Encim

Mungkin dari semua kebaya yang ada, ini adalah yang paling umum untuk kita temukan. Ini merupakan kebaya yang biasa digunakan oleh para wanita Tionghoa peranakan. Ciri-ciri utama dari kebaya ini adalah memiliki bagian bawah yang runcing, panjang sepinggul, bagian leher lebih sempit, sampai ke pola di bagian pinggangnya sempit dan lebar pada bagian pinggulnya. Warna umum yang ada pada bau jenis ini adalah warna muda atau warna yang lebih mengarah ke pastel.

4. Kebaya Bandung

Kebaya Bandung

Baju kebaya berikutnya berasal dari kota Bandung, di mana memiliki ciri pada bagian kerah setali yang memiliki lipatan pada bagian dada. Setelah itu untuk bagian belakangnya, lebih pendek dan depannya tampak lebih panjang. Kebaya ini memang lebih pendek kalau dibandingkan kebaya lain dan membuatnya terkesan menggantung. Biasanya kerahnya setali dengan bentuk garis leher V dan belahan penutup untuk bagian muka dengan menambah kancing.

5.  Kebaya Kutubaru

Kebaya Kutubaru

Terakhir yang akan kami bahas adalah kebaya Kutubaru yang merupakan model kebaya brokat. Model kebaya satu ini orisinil dari zaman kerajaan Majapahit, jadi bisa dikatakan ia cukup bersejarah dalam perkembangan budaya di Indonesia. Pada pakaian ini, memiliki tambahan kain pada bagian tengah dan dihubungkan pada sisi kiri juga kanan yang ada di bagian dada.

Ketika dipakai, kebaya kutubaru akan ditambahkan dengan setagen atau kain yang dililitkan pada bagian perut, dengan demikian mereka yang menggunakannya akan menjadi tampak lebih langsing.

Nah, itulah beberapa model kebaya yang ada di Indonesia. Banyak jenis kebaya lainnya yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu pada artikel ini. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam mencari informasi penting mengenai drama.

Jadi apakah informasi di atas membantu Anda dalam menemukan informasi yang ingin ditemukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *