Kenali Batik, Yuk!

Indonesia adalah negara yang memiliki beragam keindahan budaya yang sudah diakui oleh dunia. Salah satu warisan budaya yang hingga kini masih terus dilestarikan di Indonesia adalah batik. Seperti yang kita tahu, batik merupakan kain yang gambarnya dibuat melalui proses yang tidak mudah. Batik identik dengan teknik atau prosesnya yang cukup panjang dan tidak bisa dibilang singkat.

Sebagai bentuk penghargaan kepada batik, di Indonesia sendiri terdapat hari batik yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Oktober. Pada hari tersebut, biasanya banyak perusahaan atau organisasi yang meminta karyawannya untuk mengenakan baju batik sebagai bentuk menunjukkan rasa cinta pada tanah air.

Batik di Indonesia memiliki banyak jenisnya, mau tahu ada apa saja? Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa jenis batik yang ada di Indonesia!

Jenis Batik Indonesia

1.Batik Parang Kusumo – Solo

Batik Parang Kusumo

Pertama ada batik Parang Kusumo yang merupakan batik asal Solo. Corak yang dimiliki batik ini adalah motif klasik yang tampak seperti lautan. Kalau diartikan, batik ini memiliki makna berupa sifat yang kuat layaknya ombak yang mampu untuk menghantam tebing atau karang. Selain itu dimaksudkan pula kalau kehidupan itu harus dijalani dengan rasa semangat juga penuh akan perjuangan.

2. Batik Mega Mendung – Cirebon

Batik Mega Mendung

Kalau diperhatikan, motif batik satu ini tampak seperti awan yang hendak turun hujan. Itu mungkin sebabnya nama batik ini Mega Mendung. Batik asal Cirebon ini memiliki 7 gradasi warna yang berlapis, di mana menggambarkan 7 lapisan langit juga mengartikan kalau manusia tidak boleh mudah marah, sabar, juga teduh.

3. Batik Tujuh Rupa – Pekalongan

Batik Tujuh Rupa

Biasanya batik identik dengan bentuk-bentuk yang menyerupai bunga, nah batik tujuh rupa ini adalah salah satunya. Dengan nuansa alam yang disuguhkannya, membuat batik ini menjadi tampak indah. Motif batik yang ada di batik ini merupakan campuran dari kebudayaan lokal dengan Ina. Karena dulu Pekalongan merupakan tempat di mana para pedagang dari berbagai negara transit, hal itulah yang membuat terjadinya akulturasi budaya yang tertuang pada batik tujuh rupa.

4. Batik Kraton – Yogyakarta

Batik Kraton

Perhatikan batik ini, di mana mungkin coraknya sudah sangat tampak menggambarkan kekratonan juga kesultanannya. Motif yang ada pada batik ini sangat menggambarkan kebijaksanaan, kearifan, sampai ke karisma para raja. Kenapa dinamakan batik Kraton? Karena dulu hanya wage keraton saja yang bisa menggunakan batik ini, tetapi kini kita sudah bisa juga menggunakan batik dengan nuansa berbeda ini.

5. Batik dengan Motif Parang – Jawa

Batik dengan Motif Parang

Mungkin ini adalah motif yang tidak asing lagi untuk kita lihat, di mana motif batik ini tampak seperti huruf S yang digambar miring. Hampir pada seluruh Jawa memiliki versi batik parangnya tersendiri, di mana seperti di Yogyakarta yang terdapat Parang Rusak, atau di Jawa Tengah yang memiliki Parang Slobog.

6. Batik Pring Sedapur – Magetan

Batik Pring Sedapur

Kalau dilihat dari motifnya, mungkin jarang orang percaya ini adalah batik karena gambarnya yang tampak modern. Pada batik ini menggunakan motif bambu, jadi tidak jarang orang menyebutnya batik Pring. Bukan hanya keindahan dari motifnya saja yang menjadi poin utama batik ini, tapi juga filosofi sederhananya, di mana menjelaskan tentang kalau di dalam diri kita harus bisa bermanfaat untuk orang lain bahkan sampai mati.

Itulah beberapa jenis batik di Indonesia, keindahan motifnya seakan tidak akan pernah lekang oleh waktu dan bahkan semakin membanggakan negara kita tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *