SEJARAH BAHASA INDONESIA DAN FAKTA – FAKTA MENARIK YANG MUNGKIN BELUM KAMU KETAHUI

Selalu bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia, yang mempunyai banyak pulau dan keindahan alam lainnya yang tersebar di segala penjuru di Indonesia. Mempunyai berbagai macam suku, agama, ras dan budaya tetapi tidak menjadikan kita sebagai warga Indonesia menjadi pecah, karena kita tetap satu yaitu Indonesia.

Memiliki bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia, yang digunakan dalam keseharian kita juga sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia.

Ketika itu bahasa Indonesia yang diresmikan sebagai bahasa nasional dari negara Indonesia itu saat sesudah Proklamasi Kemerdakaan Indonesia, yaitu pada tanggal 18 Agustus 1945. Selain itu bahasa Indonesia juga sudah ditetapkan di dalam Undang – Undang Dasar (UUD) 1945 pada pasal 36, yang berbunyi “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”.

Sejarah mengatakan bahwa bahasa Indonesia itu ada sejak tanggal 28 Oktober 1928, ini merupakan tanggal yang diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda.

Para pemuda yang berasal dari pelosok Indonesia ini sedang berkumpul dalam konteks rapat pemuda. Dari rapat tersebut mendapatkan tiga ikrar yang diberi nama Sumpah Pemuda.

Bahasa Indonesia itu awal dari bahasa Melayu, yang kemudian berkembang yang awalnya dipergunakan untuk bahasa perhubungan dan perdaganngan.

Dan ternyata kerajaan – kerajaan yang berada di Indonesia juga sudah menggunakan bahasa melayu. Berikut ulasan tentang fakta – fakta menarik tentang bahasa Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui.

1.Masuk ke dalam 10 Bahasa Tersulit Dikenal

Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya tidak akan mendapatkan kendala dalam menggunakan bahasa Indonesia. Tetapi penelitian yang sudah dilakukan oleh London School of Science and Technology, membahas tentang kualitas yang dilakukan oleh rekama audio dalam menebak bahasa yang dipakai orang lain. Audio tersebut dapat memperkirakan hingga 78 bahasa yang sudah diputar, lalu hasil untuk bahasa Indonesia itu menjadi bahasa yang sulit untuk dikenali di rekaman audio tersebut.

Mengapa ini bisa terjadi? Sebab logat yang dimiliki bahasa Indonesia itu tidak mempunyai irama ketika pengucapannya, sehingga terkesan lurus dan tidak bernada. Lalu untuk Sembilan bahasa lainnya yang sulit untuk dikenali itu Hausa, Tigrinya, Shona, Fiji, Kanada, Maltese, Efate Selatan, dan Dari.

2. Digunakan Ketika Pelantikan Wali Kota Somerworth, Amerika Serikat

Pemilihan wali kota di Somerworth ini sangat menarik, karena ketika akan membacakan ikrar setianya tersebut menggunakan bahasa Indonesia. Pelantikan yang terjadi pada tanggal 7 Januari 2016 tersebut, berlangsung dengan suasana yang khidmat.

Ternyata penggunaan bahasa Indonesia di dalam pengucapan ikrar setia yang akan dibacakan oleh Dana S. Hilliard ini memang permintaan langsung dari sang Wali Kota untuk membacakannya dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Ini dikarenakan komunitas Indonesia yang memang terkenal itu dekat dengan Wali Kota, bahkan tidak hanya itu. Kedekatan yang terjalin antara Bapak Wali Kota dengan komunitas Indonesia, membuatnya meneken kontrak proyek.

Dimana kontrak itu berisikan akan membangun distrik Little Indonesia, distrik tersebut menjadi distrik perdana khusus Indonesia yang ada di dunia.

3. Bahasa Resmi Kedua di Negara Vietnam

Ternyata bahasa Indonesia ini tidak hanya menjadi bahasa resmi di tanah air kita saja. Buktinya Vietnam menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dari negaranya.

Bahasa ini diresmikan pada bulan Desember 2007 lalu, yang diumumka oleh pemerintah daerah Ho Chi Minh City. Dimana bahasa Indonesia diresmikan menjadi bahasa kedua di sana. Sesudah peresmian tersebut dilakukan, beberapa universitas yang ada di sana membuka program.

Program tersebut adalah program studi bahasa Indonesia, yang dimana terdapat di Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC, serta Universitas Sosial dan Humaniora Vietnam.

Itulah sekilas sejarah bahasa Indonesia dan fakta – fakta menarik yang dapat menambah wawasan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *