SEJARAH CANDI PERAMBANAN DAN FAKTA – FAKTA MENARIK DI DALAMNYA

SEJARAH CANDI PERAMBANAN

Ketika sedang bertamasya ke Yogyakarta kamu tidak akan melewatkan objek wisata yang satu ini, yaitu candi prambanan. Dimana objek wisata yang satu ini biasanya dikunjungi ketika sedang masih di bangku sekolah, dijakan sebagai target untuk melakukan study tour. Tetapi sudah  kamu datang kesini apakah mengetahui tentan sejarah yang dimilikinya? Karena candi yang satu ini mempunyai kisah sejarah yang menarik untuk diikuti, lokasinya yang berada di desa Bokoharji, kabupatan Sleman Jogjakarta. Untuk datang ke tempat ini kamu akan disuguhkan dengan candi – candi yang tersusun dengan menarik, karena untuk gaya arsitekturalnya sendiri itu tidak sama dengan candi Borobudur.

Terdapat kisah cinta yang sangat populer yang menjadi sejarah dari berdirinya candi prambanan ini. Kisah ini berasal dari kisah cinta Rara Jongrang sera Bandung Bandawasa, dimana katanya Rara Jonggrang ini mempunyai permintaan kepada Bandung Bandawasa untuk membuat candi yang berjumlah seribu tapi hanya diberi waktu satu malam saja. Permintaan yang diberikannya ini memang sebagai syarat agar lamaran yang diajukan oleh Bandung Bandawasa bisa diterima. Untuk bisa mendapatkan cintanya tersebut, akhirnya dia meminta bantu dari para jin untuk dapat membantunya dalam menyelesaikan seribu candi tersebut dalam satu malam. Hanya aksinya tersebut digagalkan oleh Rara Jonggrang. Konon katanya Rara Jonggrang tersebut dikutuk menjadi patung  yang ada di salah satu arca Candi Prambanan.

Bandung Bandawasa melakukan hal ini karena dia merasa marah dengan apa yang sudah dilakukan oleh Rara Jonggrang, sehingga dia harus melakukan hal tersebut. Kisah cinta yang tragis ini sampai melegenda dan memang sudah terkenal, tetapi terdapat sejarah asli dari candi prambanan sendiri yang memang berbanding terbalik dengan kisah cinta yang menjadi cerita rakyat tersebut. Candi prambanan tersebut didirikan oleh Rakai Pikatan yang  ketika itu sedang menjabat menjadi Raja untuk Mataram Kuno dari Wangsa Sanjaya. Selain sejarah candi prambanan terdapat fakta – fakta menarik yang berada di dalamnya, berikut fakta tersebut.

1.Nama Asli Candi Prambanan

Nama Asli Candi Prambanan

Mungkin yang kita ketahui sekarang ini bahwa candi prambanan itu memang nama asli dari candi ini. Karena memang kamu tidak pernah mendengar nama lain dari candi ini, sehingga kamu tidak akan menduga bahwa candi ini mempunyai nama aslinya yaitu Siwagrha. Nama asli candi prambanan ini berasal dari bahasa Sansekerta, dengan arti rumah Siwa.

2.Terdiri Dari 3 Zona

Terdiri Dari 3 Zona

Di dalam candi prambanan sendiri itu mempunyai tiga zona. Masing – masing zona tersebut mempunyai nama, untuk zona yang pertama itu diberi nama dengan zona luar, zona kedua itu diberi nama dengan zona tengah. Pada zona tengah ini terdapat candi kecil yang berjumlah ratusan, lalu untuk zona yang terakhir itu diberi nama dengan zona batin suci. Di dalamnya zona terakhir tersebut terdapat delapan candi utama serta delapan candi kecil.

3.Dirancang Menyerupai Gunung Semeru

Dirancang Menyerupai Gunung Semeru

Untuk desain yang dimiliki oleh candi prambanan ini dibentuk menyerupai seperti puncak dari gunung mahameru. Mengapa di desain seperti itu, karena terdapat kepercayaan yang terjadi pada orang zaman dahulu bahwa Mahameru itu adalah tempat tinggal para dewa. Sehingga mereka mempercayai bahwa gunung tersebut menjadi tempat berdiamnya para dewa. Selain itu juga untuk bagian – bagian dari candi tersebut, mengikuti pola dari alam semesta yang dipunyai kosmologi Hindu Kuno.

Itulah sekilas sejarah candi prambanan dan fakta – fakta menarik yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *