Ketahui Sejarah Hari Pahlawan 10 November, Yuk!

Beberapa hari lalu kita baru saja memperingati hari pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. Tentu diperingatinya tanggal 10 November sebagai hari pahlawan bukan tanpa adanya alasan, ada sejarah panjang yang membuat tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari pahlawan. Kali ini kami akan membahas mengenai sejarah singkat hari pahlawan 10 November, di mana itu hari yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia.

Berikut ini kami akan menjelaskan sejarah singkat hari pahlawan yang awal mulanya adalah perperangan di Surabaya yang melawan sekutu dan puncaknya berada pada tanggal 10 November 1945. Ya, kemerdekaan memang diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945, tetapi faktanya perjuangan bangsa Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan tidak terhenti sampai situ saja.

Sejarah Hari Pahlawan Singkat

1.31 Agustus 1945 – Bendera Mulai Bekibar

31 Agustus 1945 Sejarah Hari Pahlawan

Setelah setengah bulan dari pembacaan proklamasi, akhirnya pemerintah mulai menyerukan kalau terhitung sejak tanggal 1 September rakyat mulai bisa mengibarkan bendera merah putih pada wilayah Indonesia. Tentunya ini disambut dengan baik oleh rakyat.

2.15 September 1945 – Inggris Datang ke Indonesia

15 September 1945 – Inggris Datang ke Indonesia

Tentara Inggris datang ke Indonesia, mereka tergabung di dalam Allied Forces Netherlands East Indies atau AFNEI yang merupakan ciptaan dari Inggris dan Belanda. Pada awalnya tugas mereka andalan untuk menghilangkan tentara Jepang yang ada di Indonesia dan membebaskan para tawanan. Tetapi sayangnya para tentara Inggris ini datang juga ditemani dengan Netherlands Indies Civil Administration atau NICA yang memiliki misi untuk membuat Indonesia kembali menjadi jajahan Belanda.

3.15 September 1945 – Inggris Datang ke Indonesia

15 September 1945 –Sejarah Hari Pahlawan

Hotel Yamato kala itu direncanakan menjadi markas para sekutu dan tepat pada tanggal 18 September 1945, sekitar pukul 9 malam, sekelompok orang Belanda mengibarkan bendera Belanda di tiang tinggi hotel tersebut. Kabar ini pun ramai tersebar ke seluruh pelosok Surabaya.

4. 19 September 1945 – Perobekan Bendera Belanda

19 September 1945 – Perobekan Bendera Belanda

Pengibaran bendera ini membuat rakyat Indonesia merasa mereka tidak menghormati harga diri dari Indonesia yang sudah menjadi negara berdaulat.

Pada tanggal 19 September 1945 ada sebut peristiwa yang sangat dikenang oleh bangsa Indonesia hingga saat ini, yaitu peristiwa perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato.

Perobekan yang dilakukan oleh Kusno Wibowo dan dibantu oleh Manuhutu serta dua orang lainnya ini dilakukan dengan cara menggigit bagian biru bendera tersebut. Setelah tersisa merah dan putihnya saja, mereka pun kembali mengibarkan bendera tersebut di tiang bendera.

5. 25-30 Oktober 1945 – Perang Surabaya dengan Sekutu

25-30 Oktober 1945 – Perang Surabaya dengan Sekutu

Para rombongan dari sekutu dan termasuk dengan Inggris juga Belanda mulai memasuki kota Surabaya di tanggal 25 Oktober 1945. Terjadilah perang antara militer dengan arek-arek Suroboyo yang menewaskan Pemimpin dan Pasukan Inggris yang ada di Jawa Timur, Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby.

6. 9 November 1945 – Ultimatum Untuk Indonesia

9 November 1945 – Sejarah Hari Pahlawan

Di tanggal ini, Mayor Jenderal Robert Mansergh memberikan ultimatum pada rakyat Indonesia yang isinya seakan memaksa rakyat Indonesia menyerah kepada Inggris dan tentunya ini tidak diindahkan oleh rakyat Indonesia.

7. 10 November 1945 – Puncak Perperangan

10 November 1945 – Puncak Perperangan

Akhirnya terjadi pertempuran besar di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Banyak orang yang bertaruh nyawa demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Hari itu kota Surabaya hancur lebur dan banyak pejuang yang turut gugur dalam pertempuran itu. Salah satu pahlawan yang membantu mengobarkan semangat rakyat adalah pahlawan nasional kita, Bung Tomo.

Nah, itulah sejarah tentang hari pahlawan yang mungkin belum kamu ketahui. Setelah membaca ini kami harapkan kita dapat bisa lebih menghargai usaha Pahlawan yang sudah memperjuangkan hak bangsa ini, Merdeka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *