SEJARAH KERAJAAN MAJAPAHIT DAN FAKTA – FAKTA MENARIK YANG MENYELIMUTINYA

SEJARAH KERAJAAN MAJAPAHIT

Terdapat kerajaan – kerajaan yang memang tumbuh dan berkembang di Indonesia, menjadi Indonesia negara yang memiliki sejarah yang beragam dan menarik untuk dipelajari. Salah satu kerajaan yang sering kamu dengar saat masih duduk di bangku sekolah adalah kerajaan Majapahit. Karena sudah lama sekali kamu terakhir mendengar tentang sejarah dan kerajaan majapahit, maka sekarang akan diingatkan sedikit demi sedikit. Agar kamu tidak melupakan sejarah yang pernah hadir dan ada di Indonesia, karena masa modern yang dialamin oleh kita sekarang ini. Tidak terlepas dari perjalanan zaman yang sudah dilalui oleh manusia, jadi apa itu kerajaan majapahit?

Kerajaan majapahit adalah kelanjutan dari kerajaan yang sebelumnya, yaitu kerajaan Singasari. Orang yang mendirikan kerajaan tersebut adalah Ken Arok, mengapa kerajaan majapahit melanjutkan kerajaan singasari? Karena pada tahun 1292 kerajaan singasari jatuh disebabkan pemberontakan yang dilakukan oleh Bupati eGelanggelang di Madiun Jayakatwang. Keruntuhan yang terjadi pada kerajaan Singasari ini, membuat Raden Wijaya pergi melarikan diri dengan tiga rekannya yaitu Sora, Ranggalawe, dan Nambi. Raden Wijaya sendiri merupakan anak dari pangeran Prabu Guru Darmasiksa, Raja Sunda Galuh. Dia bersembunyi di desa Kudadu dibantu oleh penduduk dari desa tersebut, agar tidak ketahuan oleh musuh – musuh yang mengejarnya. Disana dia berlingung dibawah Arya Wiraja di Sumenep, dibantu oleh kepala desa.

Bantuan yang diberikan oleh Arya Wiraja ini membuat Raden Wijaya diterima oleh Raja Jayakatwangg. Membuatnya mendapatkan izin untuk dapat membuka hutan Tarik yang berlokasi di Trowulan agar dijadikan sebuah desa. Desa tersebut diberi nama Majapahit, nama ini diberi  langsung oleh Raden Wijaya  yang berlokasi di hutan tarik. Agar desa tersebut memiliki penduduknya, maka Raden Wijaya berusaha untuk membujuk orang – orang untuk mendiami desa barunya tersebut. Akhirnya penduduk pun mulai berdatangan yang berasal dari Tumapel serta Daha.

Disisi lain Raden Wijaya juga sambil mempersiapkan strategi untuk dapat kembali merebut kekuasaan yang berada di tangan Jayakatwang. Ternyata strategi dan rencana yang dengan diam – diam dipersiapkan tersebut, mendapatkan pertolongan dari pasukan Mongol. Mereka datang untuk memberikan hukuman kepada Raja Jawa (Kertanegara) yang sudah menghina utusan Kaisan Khubilai Khan. Situasi yang tengah terjadi tersebut dimanfaatkan Raden Wijaya, karena mereka para tentara Mongol yang tidak mengetahui perubahan politik yang sudah terjadi di tanah Jawa.

Setelah rencana yang dibuatnya berjalan dengan lancar, akhirnya dia membangun kerajaan Majapahit dan Raden Wijaya menjadi raja pertama untuk kerajaan Majapahit. Lokasi dari kerajaan Majapahit sendiri ini masih berada di Trowulan, Jawa Timur. Selain itu juga terdapat fakta – fakta menarik yang menyelimuti Majapahit, berikut ulasannya.

1.Wilayah Kerajaan Dengan Luas Seluas Indonesia

Wilayah Kerajaan Dengan Luas Seluas Indonesia

Saat itu ketika berada pada puncak kejayaan dari Majapahit, yang dipimpin oleh raja Hayam Wuruk ini mempunyai wilayah kekuasaan yang luas. Wilayah – wilayah yang dapat dikuasainya tersebut hampir satu Indonesia dapat mereka kuasai.

2.Hubungan Dengan Kerajaan – Kerajaan Tetangga

Hubungan Dengan Kerajaan – Kerajaan Tetangga

Ternyata kerajaan Majapahit tidak hanya berhubungan baik dengan kerajaan – kerajaan yang berada di dalam negeri saja. Di masa kejayaannya Majapahit juga menjahil hubungan baik dengan Campa, Siam, Kamboja, Vietnam dan masih ada lagi.

3.Majapahit Merupakan Kerajaan Maritim Terkuat

Majapahit Merupakan Kerajaan Maritim Terkuat

Banyaknya wilaya di Indonesia yang dapat dikuasai oleh Majapahit ini, membuatnya menjadi kerajaa maritime yang sangat kuat. Dimasa keemasannya kerajaan – kerajaan tetangga saja segan dengan kekuatan militer dari Majapahit, yang kala itu dipimpin oleh mahapatih Gaja Mada.

Itulah sekilas sejarah Majapahit dan beberapa fakta yang menyelimutinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *